Tanaman Aquascape Yang Tidak Menggunakan CO2

Halo para scapers, bagaimana kabar tank anda ? Semoga sehat selalu ya. Mungkin untuk sebagian orang yang baru saja berkecimpung didunia Aquascape masih bingung tanaman apa saja sih yang mudah untuk dirawat dan bahkan tidak perlu menggunakan CO2 yang dinotabene sebagai peralatan aquascape yang cukup mahal. Tenang saja, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan rekomendasi mengenai beberapa tanaman Aquascape yang mudah untuk dipelihara dan tidak memerlukan CO2. Nah berikut beberapa daftar tanaman aquascape tersebut :

  • Java Moss

Tanaman yang mudah dirawat pada aquascape yang pertama adalah Java moss. Tanaman ini merupakan sebuah tanaman aquascape yang sangat cepat pertumbuhannya dan paling sering digunakan pada aquascape. Biasanya java moss ditempel pada media hardscape seperti batu ataupun batang kayu. Selain itu tumbuhan ini tidak memelurkan cahaya yang tinggi ataupun CO2, sehingga sangat cocok untuk anda yang pemula.

  • Dwarf Baby Tears

Tanaman selanjutnya Dwarf baby tears. Tanaman ini cukup popular dikalangan para aquascapers karena bentuknya yang oval dan menjalar. Biasanya tanaman ini dijadikan tanaman yang menghiasi bagian dasar aquarium atau sering disebut dengan tanaman karpet. Tanaman ini juga tersedia dalam bentuk bibit biji yang bisa ditanam dalam waktu 5 hari saja. Tanaman ini juga memiliki perkembangan yang sangat cepat dibandingkan dengan tanaman lainnya.

  • Hair Grass

Tanaman selanjutnya adalah hair grass. Tanaman ini juga bisa dikategorikan sebagai tanaman karpet yang menghiasi dasar aquarium. Sama seperti baby dwarf, Hairgrass juga memiliki bibit biji – bijian yang mampu berfotosintesis dengan cepat. Cara merawat tanaman ini juga sangat mudah serta tidak membutuhkan banyak kadar Co2.

  • Marsilea Minuta

Tanaman ini dapat dikatakan tanaman karpet karena pertumbuhannya yang menjalar. Tanaman Marsilea merupakan tanaman classic yang saat ini sudah sangat jarang digunakan oleh para aquascapers karena saat ini sudah banyak tanaman karpet lainnya yang lebih bagus dengan warna yang lebih cerah.

  • Amazon Sword

Amazon Sword merupakan tanaman yang memiliki struktur daun yang panjang dan dapat berkembang sangat tinggi. Jika anda memelihara tanaman ini, anda harus sering melakukan treaming supaya tanaman ini tidak keluar dari aquarium anda. Biasanya tanaman ini diletakan dibagian belakang untuk menghiasi bagian tengah atau belakang aquarium.

  • Java Fern

Tanaman yang mudah dirawat selanjutnya adalah Java Fern. Tanaman ini dapat diletakan dimanapun dan biasanya tidak menutupi hardscape anda sehingga tanaman ini sangat direkomendasikan untuk anda yang masih pemula.

  • Anubias Nana

Selanjutnya adalah tanaman anubias nana atau bisa kita sebut tanaman sejuta umat. Mengapa tanaman ini dikatakan tanaman sejuta umat ? Karena tanaman tersebut sering digunakan para aquascapers baik pemula sampai yang sudah pro. Biasanya tanaman ini diletakan pada bagian tengah aquascape dan perlu anda ketahui bahwa tanaman ini sangat fleksibel dengan sirkulasi air ataupun suhu air sehingga sangat mudah untuk merawatnya.

  • Dwarf Sagittaria

Tanaman Dwarf Saggitaria jika kita lihat sekilas terlihat seperti tanaman pandan. Jenis tanaman ini adalah tanaman karpet dan bisa diletakan pada bagian tengah aquarium untuk menghiasi hardscape anda.

  • Echinodorus Tenellus

Yang terakhir adalah tanaman Echinodorus Tenellus. Tanaman ini masuk dengan kategori tanaman paling mudah ditanam jika memiliki pencahayaan yang cukup. Dengan pencahayaan yang cukup saja, tanaman ini bisa tubuh subur menjalar dan memenuhi isi aquarium anda. Sisi kekurangannya adalah anda harus sering – sering melakukan trimming agar tanaman ini tidak menutupi tanaman lainnya.

Nah itulah beberapa tanaman aquascape untuk pemula yang sangat mudah dirawat. Sekian informasi pada kesempatan kali ini, semoga bisa mengedukasi dan menjadi inspirasi untuk anda yang baru saja berkecimpung didunia aquascape. Terima kasih.