Lampu Untuk Aquascape Murah & Berkualitas

Halo para scappers, bagaimana ? Apa anda masih memiliki kendala dalam membuat aquascape ? Jika pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas mengenai filter yang ampuh menjernihkan air aquascape, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai lightning pada aquascape.

Mungkin untuk anda yang baru saja terjun ke dunia Aquascape menganggap bahwa lampu itu hanya hiasan atau penerang aquarium agar terlihat lebih cantik. Hal tersebut sebenarnya benar, namun ada manfaat untuk tanaman loh. Tanpa pencahayaan yang benar, maka tanaman tidak dapat berfotosintesis. Selayaknya tanaman pada alam, mereka juga membutuhkan cahaya matahari untuk berkembang biak dan hidup.

Jadi kesimpulannya disini, anda tidak bisa menggunakan sembarangan lampu jika menanam tanaman air di aquarium anda. Jika anda memberikan lampu dengan pencahayaan yang biasa saja, tentu saja tanaman didalam aquarium anda akan layu dan berujung pada pembusukan akibat kurangnya asupan cahaya.

Nah untuk mengatasi itu semua, kami akan memberikan beberapa rekomendasi untuk anda mengenai lampu yang harus digunakan pada aquarium anda. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Jenis – Jenis Lampu Aquascape

Kebutuhan lampu untuk setiap tanaman tentu saja berbeda – beda. Sebelum membeli lampu, ada baiknya anda mempersiapkan terlebih dahulu tanaman apa saja yang akan anda tanam di aquarium anda dan mengenali jenis dan karakter tanaman tersebut. Selain tanaman, kebutuhan cahaya pada ukuran aquarium juga menentukan loh. Semakin besar aquarium anda, maka semakin besar juga daya lampu yang dibutuhkan untuk menyinari tanaman anda. Berikut ini jenis – jenis lampu aquascape rekomended untuk anda :

  • Lampu Metal Halide

Lampu pertama adalah Metal Halide. Lampu ini memang sudah diproduksi cukup lama dan bisa dikatakan teknologinya masih menggunakan teknologi lama sehingga cukup boros listrik jika menggunakan lampu ini. Lampu ini mampu memberi keterangan 100 sampai 400 watt. Namun kekurangan lampu ini adalah cahaya yang dihasilkan kurang maksimal dan tidak seterang lampu – lampu aquascape zaman sekarang. Harganya juga cukup mahal, namun untuk tanaman cukup bagus kok. Dibalik sinar cahaya yang kurang terang, terdapat kelebihan dari lampu ini, yaitu efek berkilauan yang mampu menembus permukaan air hingga ke dasar.

  • Lampu T-5

Selanjutnya adalah lampu T-5. Lampu ini cukup bersahabat di dompet dan bisa dikatakan memiliki teknologi yang lebih modern jika kita bandingkan dengan lampu metal halide. Cahaya yang dihasilkan juga cukup terang dan mampu menyinari seluruh isi aquascape anda. Untuk harga juga cukup murah, namun kekurangannya adalah lampu t-5 sering putus dan anda harus membeli lagi lampu t-5 dan secara tidak langsung akan menguras kocek anda.

  • Lampu LED

Yang terakhir adalah lampu LED. Lampu dengan teknologi yang paling modern ini mampu memberikan cahaya yang maksimal dengan daya watt yang rendah. Kandungan PAR untuk tanaman anda berfotosintesispun pasti terpenuhi bergantung dengan watt yang anda gunakan. Selain itu untuk urusan listrikpun LED sangat bersahabat karena biayanya sangat murah. Kekurangan dari lampu ini hanya pada saat lampu LED putus. Jika lampu LED putus anda harus membeli satu set lampu lagi untuk menyinari tanaman aquascape anda.

Nah itu dia beberapa jenis lampu untuk tanaman Aquascape anda. Bagaimana ? Apa anda sudah menemukan kebutuhan pencahayaan lampu aquarium anda ? Lalu bagaimana sih mengukur daya watt pada aquarium yang anda miliki? Caranya gampang, gunakan rumus ini : P x L x T / 1.000, hasilnya adalah jumlah watt yang anda butuhkan untuk aquarium anda. Nah rumus diatas untuk pencahayaan bertipe Highlight, lalu bagaimana kalau untuk cahaya medium ? Hanya perlu dibagi menjadi 1.500 dan untuk cahaya low light dibagi 2.500. Gampang bukan cara menghitungnya ?

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan kepada anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan mengedukasi anda seputar dunia Aquascape. Sekian, kami ucapkan terima kasih kepada anda yang telah membaca artikel ini hingga selesai. Ikuti terus informasi menarik lainnya seputar Aquascape diwebsite ini. Sampai jumpa.