Filter Yang Cocok Untuk Aquascape

Halo Aquascapers, kembali lagi bersama kami untuk membahas beberapa hal penting dalam pembuatan Aquascape. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai tema – tema design yang ada pada aquascape. Nah kali ini kita akan membahas lebih kepada keperluan aquascape, salah satunya adalah filter.

Filter air ini sangat berperan penting dalam kehidupan aquascape. Mengapa ? Karena fungsi filter air ini adalah membersihkan serta menjernihkan air yang terdapat pada aquarium anda. Sama seperti manusia, tanaman pada aquascape juga membutuhkan air yang bersih untuk bertahan hidup. Namun tidak semua filter bisa anda gunakan untuk aquascape anda, jangan sampai anda salah beli dan menggunakan filter tersebut hingga membuat tanaman aquascape anda mati dan anda pasrah kemudian pensiun dini dalam dunia aquascape. Sangat disayangkan bukan ?

Nah berikut ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi filter yang bisa anda gunakan untuk aquascape kesayangan anda. Apa saja sih filternya ? Simak ulasan berikut ini :

  • Filter Undergravel

Filter rekomendasi yang pertama adalah filter Undergravel. Sistem atau cara kerja filter ini adalah dengan cara menghisap kandungan air dan kotoran melalui bagian bawah pada dasar permukaan substrate. Harga filter ini cukup ekonomis dan bisa anda bandrol dengan harga 30ribuan saja. Namun, anda harus membeli pompa air tambahan lagi untuk melakukan instalasi aquascape anda.

Berdasarkan review saya sendiri, filter ini cukup baik untuk digunakan dan memiliki daya serap air yang bagus. Hasil saringan dari filter ini juga sangat jernih dan bisa memfiltrasi aquarium hingga 500L/jam.

  • Filter Canister

Selanjutnya adalah filter canister. Filter ini dapat dikatakan sebagai filter yang paling bagus dan sangat direkomendasikan untuk digunakan di aquascape. Mengapa ? Filter ini terletak diluar aquarium dan tidak mengganggu ekosistem tanaman Aquascape anda. Namun kekurangan dari filter adalah penambahan space untuk tempat filter ini diluar aquarium. Untuk anda yang menggunakan meja sedikit kecil, tentu agak ribet menggunakan filter ini. Beberapa brand filter canister yang cukup berkualitas adalah Ant-Man, Jebo, Resun, Recent, dan masih banyak lagi. Jadi filter berjenis canister ini sangat kami rekomendasikan untuk anda gunakan meskipun harganya lebih mahal dibandingkan dengan filter lainnya.

  • Filter Eksternal

Nah selanjutnya adalah filter eksternal versi DIY yang bisa dikatakan memiliki harga yang relatif lebih murah namun memiliki fungsi dan cara pakai yang hampir sama dengan filter canister. Filter ini cara kerjanya sama dengan filter canister namun produk ini tidak dibuat pabrikan.

  • Filter Hangon

Filter selanjutnya adalah filter hang on atau filter gantung. Filter ini menyedot air dan mengeluarkan kembali air tersebut kedalam aquarium dengan kualitas air yang sudah di jernihkan karena filterasi filter ini. Harga dipasaran filter ini juga relatif murah mulai dari 50,000 – 100,000 an saja, tergantung dengan merk yang ingin anda beli. Filter ini cukup cocok untuk aquascape anda karena memiliki daya filterasi yang cukup besar yaitu sekitar 400L/jam.

  • Filter Internal

Yang terakhir adalah filter internal. Filter internal ini sangat bagus untuk menjernihkan air aquascape anda. Namun dibalik kelebihannya terdapat kelemahannya dimana akan memakan tempat didalam aquarium karena tempat ini diletakan pada dalam aquarium. Namun secara fungsi filter ini cukup oke kok.

Nah itulah beberapa filter yang bisa anda gunakan untuk kelangsungan hidup ekosistem aquascape anda. Ingat, jangan salah memilih filter dan pakailah filter sesuai dengan kebutuhan aquarium anda. Semakin besar aquarium yang anda miliki, tentu saja semakin besar air yang harus di filter.

Sekian informasi pembahasan menarik mengenai filter aquascape hari ini. Semoga membantu dan bisa mengedukasi anda dalam seni aquascape. Ikuti terus informasi menarik lainnya seputar aquascape dan salam scapers.