Berbagai Jenis Tema Menarik Pada Aquascape

Halo para scappers, apa anda sedang bingung untuk menentukan tema aquascape kesayangan anda ? Atau anda masih baru pertama kali ingin berkecimpung di dunia Aquascape ? Sebelum itu anda harus mengetahui terlebih dahulu apa sih itu aquascape ? Aquascape adalah penanaman ekosistem bawah air yang menggunakan media aquarium. Nah, biasanya orang berlomba – lomba nih untuk membuat aquascape yang indah dengan kreasi tangan sendiri.

Namun jika anda baru saja mempunyai niat untuk membuat aquascape, ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu apa saja sih tema – tema aquascape, dan tema mana yang sesuai dengan selera yang anda miliki. Berikut beberapa jenis tema menarik aquascape :

  • Iwagumi Style

Style yang pertama adalah Iwagumi style. Gaya aquascape ini berasal dari negara Jepang yang bertemakan pegunungan dengan rerumputan yang luas. Biasanya batu yang digunakan dalam Iwagumi Style adalah batu seiryu dan tanaman hijau rerumputan tersebut biasa menggunakan tanaman karpet yang cukup mudah ditanam yaitu Monte Carlo.

  • Dutch Style

Yang kedua adalah Dutch style. Style ini berasal dari negara Belanda dan lebih mengarah ketema ekosistem bawah laut dengan berbagai warna. Sangat indah bukan ? Namun untuk maintenance tema ini cukup rumit dan bisa dikatakan tema ini sangat sulit untuk para pemula. Tapi bisa anda lihat sendiri, dibalik kesulitannya terdapat keindahan beragam warna dari masing – masing tanaman.

  • Nature Style

Lanjut, tema berikutnya adalah Nature Style. Konsep dari tema ini adalah tema alam dengan berbagai tanaman hijau disertai dengan bonsai yang menyerupai pepohonan. Tema ini memerlukan banyak tanaman dan dapat dikatakan sedikit susah untuk mendesign serta planting tanaman ataupun hardscapenya. Semakin rimbun tanaman yang anda tanam, maka semakin nyata konsep alam tersebut.

  • Waterfall Style

Selanjutnya adalah tema Waterfall. Tema ini menyerupai air terjun minimalis dengan berbagai pemandangan hijau lainnya. Tema ini juga lebih didominasi dengan batu dan arus air terjun yang menjadi maskot utamanya. Aquascape dengan tema seperti ini tidak terlalu susah dibuat, bahkan pemula juga masih bisa membuat aquascape dengan tema seperti ini, apalagi batu – batuan yang bisa menghasilkan air terjun dijual bebas pada pasaran.

  • Forest Style

Tema aquascape selanjutnya adalah Forest Style. Tema ini lebih mengarah pada hutan belantara yang dipenuhi dengan rumput hijau serta pepohonan yang rimbun. Untuk membuat konsep seperti ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama apa lagi jika anda menggunakan metode DSM (Dry Start Methods). Namun waktu yang habis akan terbayar ketika aquascape forest anda sudah berhasil tumbuh.

  • German Style

Tema selanjutnya adalah German style. Tema ini sebenarnya lebih mengarah kebebasan sipembuat aquascape. Terbukti dari beberapa hasil aquascaper yang memiliki bentuk dan design beragam. Jadi bergantung dengan kreasi yang ada di pikiran anda. Namun untuk pemula sangat tidak disarankan mencoba design ini karena dibutuhkan imajinasi serta ketelatenan yang tinggi dalam membuat design aquascape anda.

  • River Style

Design Aquascape yang terakhir adalah design River style atau sungai. Design ini memiliki sebuah jalan kecil yang menggunakan pasir berwarna putih atau biru yang berperan sebagai air sungai. Yang menentukan bagus atau tidaknya design aquascape river style adalah peletakan bebatuan dan penempatan air sungai yang tempat. Design akan lebih menarik jika anda memberikan sedikit sentuhan dengan bebatuan kecil ataupun pohon – pohon disisi samping.

Itu dia beberapa tema Aquascape yang bisa anda implementasikan pada aquarium kesayangan anda. Bagaimana ? Apa sudah menemukan tema sesuai dengan selera anda ? Jika sudah maka langsung saja membuat aquascape kreasi anda dengan substrate yang lengkap.

Sekian informasi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga menghibur dan bisa menginspirasi anda untuk membuat suatu karya aquascape. Terima kasih dan kami pamit undur diri. Sampai jumpa.